RANGKUMAN KEGIATAN KEMERDEKAAN : SEMANGAT BERKARYA KEMBANGKAN KREATIVITAS

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal itu Indonesia bebas dari penjajahan. Berbagai kegiatanpun telah digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang jatuh pada hari sabtu (17/8). Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban mengadakan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan kemerdekaan terdiri dari Pentas Seni, Grak Jalan SD, Grak Jalan Umum, Karnaval SD, dan Karnaval Umum.  Tak ingin ketinggalan, siswa SDN Sumberarum antusias mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Mulai dari Pentas Seni, hingga Karnaval SD. Berikut rangkuman kegiatan kemerdekaan yang telah diikuti oleh siswa SDN Sumberarum.

1. Pentas Seni
Pentas seni diadakan 3 hari berturut-turut yaitu pada hari senin hingga rabu (19-21 Agustus 2019). pesertanya tidak hanya tingkat SD saja namun juga diikuti oleh siswa taman kanak-kanak yang ada di di Kecamatan Kerek. Bertempat di lapangan Desa Margomulyo kali ini, SDN Sumberarum akan menampilkan Tarian Manuk Dadali yang akan ditampilkan oleh 6 siswa yang mewakili SDN Sumberarum.
 Tim Tari Manuk Dadali Bersama Guru Pendamping

Tim Tari Manuk Dadali

Kostum yang elegan dan gerakan tarian yang ceria menambah keunikan tersendiri bagi tarian yang ditampilkan SDN Sumberarum. Siswa terlihat menikmati menari di atas panggung meskipun mereka sempat gugup dan grogi sebelum tampil. Namun, mereka bisa melakukan dengan baik.

2. Grak Jalan tingkat SD
Memakai setelan putih-putih dan selempang merah semakin membuat tim grak jalan putra dan putri SDN Sumberarum masuk ke dalam tema kemerdekaan RI. Menggunakan kerudung merah dan topi warna cream juga membuat tim grak jalan putri  SDN Sumberarum semakin menarik. Hari senin yang terik (26/8), pukul 2 siang , debu dan panas tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti grak jalan menyemarakan kemerdekaan RI ke- 74.
 Tim Grak Jalan Putri 




 Tim Grak Jalan Putra

Hari menjelan sore, meskipun begitu terik matahari terus mengiringi perjalanan tim grak jalan hingga finish. meskipun capek dan rute tempuh yang jauh, siswa masih terlihat bersemangat mengikuti grak jalan.

3. Karnaval SD
Karnaval yang diadakan pada hari rabu (28/8) dan diikuti oleh semua SD yang ada di Kecamatan Kerek ini sudah menjadi tradisi setiap perayaan kemerdekaan. Dengan mengusung tema Sulawesi, SDN Sumberarum tampil dengan pakaian adat dari Sulawesi yang bernuansa merah. Terdiri dari 79 Sembilan siswa dari kelas 2 hingga kelas 6 membuat rombongan karnaval SDN Sumberarum semakin menarik dengan make up yang tidak berlebihan dan terlihat cantik. Siswa begitu semangat berjalan kaki walau matahari tidak bisa menyembunyikan sinarnya.


Kepala Sekolah Bersama Rombongan Karnival

 Guru Pendamping Bersama Siswa
 Rombongan Penari Menarikan Tari Tulolona 

 Rombongan Penari 


Terdiri dari beberapa rombongan yaitu rombongan carnival, rombongan pengantin, rombongan pengiring dan rombongan penari yang menarikan tari Tulolona dari Sulawesi menjadikan poin plus tersendiri bagi rombongan carnival SDN Sumberarum.

Nah itulah beberapa rangkaian kegiatan kemerdekaan yang telah diikuti  oleh siswa SDN Sumberarum Kecamatan Kerek.






Comments